ppc

Monday, July 16, 2012

Cara Kerja Mesin


Konstruksi dan Fungsi Mesin
Reciprocating Engine
Tinjauan Umum
Mesin yang dipakai di kendaraan Honda termasuk kelas reciprocating engine dari internal combustion engine*. Sederhana saja, reciprocating engine terdiri dari sejumlah piston yang masing-masing dapat bergerak ke atas dan ke bawah di dalam cylinder dan dihubungkan ke crankshaft menggunakan connecting rod. Setiap crankshaft terdiri dari crankshaft journal berada pada common shaft dan crankpin yang terpisah darinya. Juga, agar crankshaft dapat berputar dengan halus, terdapat masses dan flywheel.
Campuran bahan bakar udara dikirim ke ruang pembakaran kedap udara yang terletak di atas setiap piston, dan pembakaran dimulai menyebabkan tekanan dalam ruangan pembakaran naik. Dengan ditekan ke bawah oleh naiknya tekanan tersebut, piston mengirim gerakannya ke crankpin dan pada crankshaft melalui interaksi dari connecting rod, dan crankshaft dibuat berputar. Bahkan ketika piston sampai pada posisi yang paling rendah (pusat dasar sekali atau BDC) - yaitu, ketika crankpin sudah sampai pada posisi rendah dalam putarannya, inertia dari flywheel mass akan menyebabkan crankshaft terus berputar dan ini membuat tekanan piston mulai naik lagi. Ketika piston mencapai posisi paling tinggi (pusat atas sekali atau TDC), proses pembakaran selanjutnya dimulai sehingga crankshaft dapat terus berputar (dalam 2-stroke engine). Mesin dimana piston bergerak ke atas dan ke bawah dalam cylinder dan gerakan liniernya dirubah ke dalam gerakan berputar di crankshaft, dikenal sebagai reciprocating engine.
Pengoperasian dasar mesin.
Penjelasan lebih lanjut dasar pengoperasian dari mesin bensin.


 
(1) Intake stroke
Intake valve terbuka dan exhaust valve tertutup. Karena piston bergerak ke bawah ke bagian dalam cylinder, campuran udara ditarik ke dalam cylinder lewat intake valve .
(2) Compression stroke
Intake valve dan exhaust valve tertutup. Piston mulai naik, menekan campuran udara-bahan bakar yang sekarang mengisi cylinder. Suatu tingkat lebih besar penekanan akan menghasilkan tekanan pembakaran yang lebih besar yang sedang digerakkan.
(3) Combustion stroke
Intake valve dan exhaust valve tertutup. Ketika piston sudah bergerak ke atas, bagian dalam cylinder menekan campuran udara-bahan bakar dan hampir mencapai pusat atas. Busi membakar campuran udara-bahan bakar. Pembakaran cepat berikut mengakibatkan dalam pergerakan dan tekanan tinggi yang menekan piston ke bawah dan menyebabkan crankshaft berputar.
(4) Exhaust stroke
Intake valve tertutup dan exhaust valve terbuka. Piston naik dan mengeluarkan gas melalui katub pipa keluar.
Hal di atas menyebabkan cara kerja dasar dari mesin 4 tak, meskipun ini adalah metode yang pasti yang mana 4 tak, mesin cylinder tunggal dalam menjalankan sepeda motor. Ini penting dicatat sebab selama 2 putaran dan crankshaft hanya ada satu proses pembakaran, ada perbedaan besar di tekanan keluar di tembakan masing-masing dan ini mengakibatkan getaran di mesin untuk penyelesaian masalah ini, piston ganda/sepasang cylinder dihubungkan ke crankshaft tunggal dan dengan membuat jarak yang cocok antara proses pembakaran sendiri, tekanan yang tak menentu dapat dikurangi dan putaran dapat dibuat lebih halus pelaksanaan tipe ini dikenal sebagai mesin cylinder ganda. Dalam mesin 4 tak di atas disebutkan proses pembakaran dilakukan dalam 4 individual cylinder pada jarak waktu 180 derajat dari putaran crankshaft.

No comments:

Post a Comment