Campuran Udara-Bahan bakar
Seperti yang dijelaskan di atas, campuran bahan bakar dan
udara yang dibakar di ruang bakar pada mesin pembakaran dalam. Perbandingan bahan
bakar dan udara pada campuran ini diatur oleh karburator atau sistem kontrol
injeksi bahan bakar yang dikenal dengan perbandingan udara dan bahan bakar.
Campuran pada pembakaran sempurna dari bahan bakar dikenal sebagai perbandingan
stoichiometric yang berkisar sekitar 15 untuk campuran udara dan bahan bakar
(yaitu, 15 bagian udara dan 1 bagian bensin). Campuran miskin sekitar 16,
tetapi untuk efisiensi bahan bakar yang baik diberikan campuran kaya sekitar 12
atau 13 yang dapat menghasilkan tenaga mesin yang maksimal. Karenanya, sistem
pengontrolan bahan bakar harus dapat mengkondisikan perbandingan udara dan
bahan bakar pada range ini, untuk merespon kondisi yang aktual dari mesin.
Informasi perbandingan udara dan bahan bakar ini
berdasarkan pada data yang didapatkan pada mesin konvensional, tetapi teknologi
pembakaran miskin yang terbaru sudah menggunakan campuran bahan bakar dan udara
yang paling efisien. Khususnya, kondisi pembakaran mesin sudah dioptimalkan
sesuai dengan kondisi kerja yang aktual dan campuran udara dan bahan bakar
sudah dinaikkan di atas 20, akibatnya, hal ini memungkinkan untuk mencapai
pembakaran yang sempurna dengan campuran yang miskin dan efisiensi bahan bakar
dapat ditingkatkan.
No comments:
Post a Comment